ENTERPRENEURSHIP
KEWIRAUSAHAAN / ENTERPRENEURSHIP
“La
Fashion Boutique Beauty”
Oleh :
Dwika Rahmatillah
NIM. 1630402028
JURUSAN EKONOMI SYARIAH KONSENTRASI
AKUNTANSI SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
BATUSANGKAR
2018
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Manusia
mempunyai tiga kebutuhan pokok yang tidak akan pernah tergantikan, yaitu
pangan, sandang, dan papan. Meskipun perkembangan jaman dan teknologi menuntut
manusia mempunyai tambahan kebutuhan seperti telekomunikasi dan ketenagaan
(listrik), namun kebutuhan itu merupakan pelengkap dari tiga kebutuhan yang
asasi diatas. Oleh karenanya, selama masih ada manusia maka bisnis di bidang
pangan, sandang dan papan tidak akan pernah kehilangan pasar. Tinggal bagaimana
tiap pengusaha itu mengelola bisnis yang digelutinya.
Prospek
pengembangan usaha sangat menjanjikan mengingat pangsa pasar yang cukup besar
dengan seiring perkembangan jaman, tren busana yang terus meningkat dari tahun
ke tahun, dan kebutuhan manusia akan pakaian. Berangkat dari pemikiran inilah
kami membuat ide untuk membuka usaha yang cukup menggiurkan ini.
B.
Visi
dan Misi
Visis dari “La Fashion Boutique Beauty” adalah sebagai berikut :
1. Menjadi
Butik yang Unggul dalam Layanan.
2. Menjadi
Butik yang Unggul dalam Kinerja.
3. Menjadi
Butik yang Terdepan karena Kualitas.
Sedangkan Misi dari “La Fashion Boutique Beauty” sendiri
adalah :
1. Menawarkan
layanan terbaik dengan harga kompetitif kepada segmen pasar yang ditujukan
kepada pegawai kantoran.
2. Menyediakan
produk fashion yang memiliki kualitas bagus.
BAB II
GAMBARAN UMUM BISNIS
A.
Sekilas
Usaha
Usaha
Butik “La Fashion Boutique Beauty”
ini adalah sebuah usaha perseorangan yang menjual berbagai macam pakaian wanita
dan pria khususnya dewasa. Jenis pakaian yang ditawarkan bervariasi mengingat
kebutuhan manusia akan sandang adalah kebutuhan primer, sehingga dibutuhkan
produk yang bervariasi pula sesuai pemakainnya. Pakaian yang ditawarkan untuk
wanita mulai dari T-Shirt Girls, Mini Dress, Long Dress, Gamis, Baju Kurung,
Rok Rimpler, dengan banyak model yang disajikan. Sedangkan untuk pria
menyediakan Kemeja, Jas, Tuxedo, Celana Dasar, Rompi Jas, Dasi, Sepatu
Panthofel, Kaos Kaki, Jam Tangan. Butik ini juga dilengkapi dengan Salon
Kecantikan bagi pelanggan yang memiliki waktu yang singkat. Dimana “La Fashion Boutique Beauty” ini tidak
hanya fokus kepada baju tapi juga style bagi pelanggan sendiri.
“La Fashion Boutique Beauty”
ini berada di lokasi yang strategis, yaitu Jl. Sumpah Pemuda No. 15 Kota
Jakarta, dimana toko ini di apit oleh Cafe dan Kantor. Di depannya berdiri
sebuah Mini Market. Di harapkan dengan mendirikan usaha ini di Jl Sumpah Pemuda
ini dapat menggaet pelanggan yang memiliki perekonomian menengah ke atas.
Prospek
pengembangan usaha sangat menjanjikan mengingat pangsa pasar yang cukup besar
dengan seiring perkembangan jaman, tren busana yang terus meningkat dari tahun
ke tahun, dan kebutuhan manusia akan pakaian. Berangkat dari pemikiran ini saya
membuat ide untuk membuka usaha yang cukup menggiurkan ini.
B.
Data
Perusahaan
|
Nama
Perusahaan
|
“La Fashion Boutique Beauty”
|
|
Pendiri
|
Dwika Rahmatillah
|
|
Tahun Berdiri
|
2018
|
|
Bidang Usaha
|
Perdagangan & Jasa
|
|
Jenis Produk
|
Pakaian
|
C.
Struktur
Organisasi
D.
Susunan
Pemilik/Pemegang Saham
|
Nama
|
Persentase
|
|
Dwika Rahmatillah
Disty Eka Marcelina
Sania Tricahyati
|
65%
15%
20%
|
|
Total
|
100%
|
E.
Kegiatan
Usaha
Kegiatan
usaha “La Fashion Boutique Beauty” bergerak
di bidang perdagangan dan jasa yang menjual produk pakaian wanita dan pria.
Produk yang ditawarkan memiliki harga yang berbeda tergantung bahan dari
pakaian itu sendiri. Untuk pakaian kami menyediakan :
1. Laki-laki
: Kemeja, Jas, Tuxedo, Celana Dasar, Rompi Jas, Dasi, Sepatu Panthofel, Kaos
Kaki, Jam Tangan. Harga yang ditawarkan mulai dari yang harga bawah sampai
dengan harga atas.
2. Wanita
: Gaun, Long Dress, Mini Dress, Gamis/Pakaian Muslimah, Heels, Wedges.
“La Fashion Boutique Beauty”
tidak hanya menawarkan pakaian saja tetapi juga memiliki salon sendiri yang
bisa kami tawarkan. Ini ditujukan kepada klien yang memiliki sedikit waktu
dalam mempersiapkan penampilannya. Untuk Salon juga memiliki harga yang berbeda
karena banyak treatment-treatment yang tersedia yang bisa pelanggan pilih.
Produk
yang kami tawarkan adalah :
1. Jasa
perawatan rambut seperti pemotongan rambut, creambath, pelurusan rambut,
keriting rambut, blow rambut, cat dan bliching rambut.
2. Jasa
perawatan wajah seperti facial wajah, make up wajah, rias make up penganten.
3. Jasa
perawatan tubuh disediakan mandi susu, pijat refleksi, pediqure dan mediqure.
Dari
segi kualitas, barang-barang yang ada di “La
Fashion Boutique Beauty” tidak diragukan lagi, sebab barang-barang yang ada
didatangkan dari produsen yang berkualitas. Dari segi pelayanan jasa yang akan
ditawarkan, sehingga pelanggan tidak merasa dirugikan sebab asisten salon
merupakan lulusan terbaik dan profesional sehingga dalam pengerjaannya terampil
dan hasilnya tentu tidak akan mengecewakan para pelanggan nantinya.
F. Rencana
Masa Depan
Rencana masa depan dari “La Fashion Boutique Beauty” sendiri
yaitu :
1. Menjadi
Butik yang dapat bersaing dengan butik lainnya.
2. Dapat
memperluas usahanya dibidang Fashion.
BAB III
ANALISIS PASAR
A.
Strategi
Bisnis
Strategi
pemasaran perusahaan adalah menciptakan tingkat kesadaran kualitas, mendorong
terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan edukasi produk yang
ditawarkan perusahaan. Implementasi dari strategi ini meliputi hal-hal berikut
:
1. Memberikan
potongan harga pada hari tertentu pada pakaian
dan memberikan gratis “creambath” kepada pelanggan agar dapat mencoba
pelayanan untuk mendorong kunjungan berganda.
2. Materi-materi
edukasi (seperti selebaran dan buku saku) yang berkaitan dengan produk pakaian,
perawatan, manfaat, dan petunjuk pemakiannya.
3. Layanan
proaktif karyawan : melatih dan mendidik karyawan mengenai teknik layanan dan
persiapan serta cara melayani konsumen dengan antusias.
4. Membuat
katalog mengenai fashion-fashion terbaru.
5. Penempelan
logo, media luar ruang, dan sebagainya.
B.
Analisis
SWOT
Analisis
SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi
kekuatan (strenghts), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunity) dan ancaman
(threats) dalam suatu projek atau suatu spekulasi bisnis atau proyek yang
mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak
mendukung dalam mencapai tujuan tersebut.
1. Kekuatan
(Strenghts)
Kekuatan
yang dimiliki oleh “La Fashion Boutique
Beauty” sendiri adalah :
a. Mengikuti
perkembangan fashion agar tak ketinggalan dengan pesaing
b. Tidak
hanya menjadi toko pakaian tetapi juga memilki salon yang belum beberapa
pesaing menetapkan sistem ini.
2. Kelemahan
Pembelian
produk hanya dapat dilakukan dengan cara pelanggan datang langsung ke tempat
penjualan busana muslim sehingga memakan
waktu dan biaya pelanggan.
3. Peluang
a. Lokasi
yang strategis
b. Konsep yang Cozy
4. Ancaman
a. Persaingan
harga
b. Munculnya
usaha-usaha yang sama
c. Pesaing
dapat bekerja sama dengan artis untuk mempromosikan ke masyarakat luas.
d. Departemen store
yang semakin menjamur.
C.
Keunggulan
“La Fashion Boutique Beauty”
Untuk
meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, “La Fashion Boutique Beauty” akan menyelenggarakan pemasaran
internal melalui proses rekruitmen, pelatihan dan motivasi para karyawannya.
Hal ini juga bertujuan untuk memberikan
pemahama kepada karyawan mengenai peranan mereka pada kepuasan konsumen.
Hal ini menjadi salah satu poin strategi bagi “La Fashion Boutique Beauty”
dibandingkan dengan para pesaingnya.
Selain
itu, karyawan juga akan diberikan pelatihan mengenai product knowledge yang ada digunakan dalam
perusahaan. Dengan demikian mereka dapat berfungsi sebagai messenger bagi perusahaan.
“La Fashion Boutique Beauty”
di rancang dengan konsep cozy dan
eksklusif. Suasana yang dimunculkan adalah salon setaraf dengan salon ternama,
simple modernis, bersih, bergaya, dan menyenangkan. Perusahaan akan bekerja
sama dengan arsitek desain Interior untuk merancang konsep tersebut.
D.
Proyeksi
Keuangan
1. Modal
Ringkasan
modal adalah sebagai berikut :
Biaya
Sewa Gedung (1 Tahun) : Rp
10.000.000
Biaya
Rancang Interior :
Rp 8.000.000
Peralatan
:
Rp 25.000.000
Lain-lain
:
Rp 8.000.000
Rp 51.000.000
2. Penjualan
dan Jasa Salon
Asumsi pelayanan tahap awal adalah
rata-rata 200 orang akan menggunakan jasa “La
Fashion Boutique Beauty” dalam enam bulan pertama.
Manajemen berasumsi bahwa 55% pengunjung akan datang untuk membeli pakaian
dan 45% untuk salon kecantikan.
3. Sistem
Penggajian
Manajemen akan membayar gaji manajer make over Rp 40.000.000, keuangan Rp
52.000.000, personalia dengan penuh waktu Rp 38.000.000 per enam bulan.
E.
Persaingan
1. Persaingan
terutama berkaitan dengan kualitas pelayanan dan lokasi salon.
2. “La Fashion Boutique Beauty”
akan bersaing dengan sesama salon.
3. Menjalin
kerja sama dengan pihak swasta seperti perbankan. Karena mulai dari tahun 2007
sampai sekarang, industri perbankan melalui produk kartu kreditnya menjadikan
program diskon (biasanya berkisar 50-70 %) di berbagai tempat dan salon menjadi
programnya. Perilaku konsumen seperti demikian menjadi sebuah peluang yang
sangat baik bagi “La Fashion Boutique Beauty”.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
“La
Fashion Boutique Beauty” merupakan usaha yang bergerak di bidang
perdagangan dan pelayanan jasa. Dimana produk yang diperdagangkan adalah
pakaian untuk Dewasa yang memiliki perekonomian menengah keatas sedikit atau
kepada karyawan dan karyawati kantor.
Kesimpulan
yang dapat kami ambil adalah :
1. Seorang
pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk
kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2. Sebelum
membuka usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan dan
sasaran yang akan di tuju.
B.
Saran
Adapun saran untuk yang mau membuat atau
sedang melaksanakan usahanya adalah :
1. Agar
memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan karena kepuasan pelanggan
itu adalah hal yang paling utama.
2. Memberikan
produk kualitas terbaik.
3. Memberikan
informasi tentang fashion melalui katalog.
Komentar
Posting Komentar