Riview Jurnal BSC (Balance Scorecard)



REVIEW JURNAL 


Judul                           : Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Suatu     Sistem Pengukuran   Kinerja Pada PT DRITAMA BROKERINDO,Jakarta Timur
Jurnal                           : Binus Business Review
Volume dan Halaman : Vol.1 No.1
Tahun                          : 2010
Penulis                         : Hariyadi Sarjono, dkk.
Reviewer                     : Kelompok III
Tanggal                       : 5 April 2018

1.      Identifikasi Masalah
Masalah yang terdapat dalam jurnal adalah pengukuran kinerja PT Dritama Brokerindo yang selama ini diukur secara tradisional, manajemen tidak memperoleh informasi yang jelas dan terukur tentang aspek-aspek non finansial perusahaan
2.      Pertanyaan yang Spesifik
1.      Bagaimana mengukur kinerja perusahaan PT Dritama Brokerindo secara tradisional, yaitu hanya mengandalkan dari perspektif keuangan saja?
2.      Bagaimana jika PT Dritama Brokerindo menerapkan metode Balanced scorecard dalam mengukur kinerja perusahaannya, sebagai pengukuran kinerja alternatif?
3.      Rancangan Metode Penelitian
Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif dengan jenis penelitiannya studi kasus. Teknik analisa data yang digunakan menggunakan pengolahan data primer seperti studi lapangan, wawancara, kuesioner dan juga data sekunder dengan pengumpulan data dari perusahaan yang berupa laporan keuangan tahun 2005 – 2008.
4.      Tinjauan Hasil dan Kesimpulan
Pertama, pengukuran kinerja yang telah dilakukan selama ini oleh PT Dritama Brokerindo, hanya berdasarkan laporan keuangan yaitu laporan neraca dan laporan laba – rugi dengan cara perhitungan rasio keuangan dan menganalisis peningkatan atau penurunan laba bersih yang diperoleh dikaitkan dengan adanya perubahan pendapatan, biaya-biaya dan transaksi lainnya yang mempengaruhi naik – turunnya laba bersih yang diperoleh perusahaan. Kedua, untuk mengetahui kinerja PT Dritama Brokerindo secara keseluruhan, maka digunakan metode Balanced ScoreCard sebagai alternatif dalam mengukur kinerja perusahaan yang dilihat dari empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan
5.      Kontribusi yang diberikan
Penelitian tersebut berguna untuk pihak manajamen dalam mengetahui sampai sejauh mana perusahaan yang menjalankan usahanya telah menghasilkan kinerja yang baik bagi para pemegang saham (perspektif keuangan), pelanggan (perspektif pelanggan), keefektifan proses operasi (perspektif proses bisnis internal), dan bagi karyawan (perspektif pembelajaran dan pertumbuhan).
6.      Saran
Saran yang dapat diberikan yaitu dalam menghasilkan kinerja yang baik bagi para pemegang saham dan  pihak manajemen PT DRITAMA BROKERINDO sebaiknya berfokus pada pengukuran kinerja dalam manajemen srategi melalui penerapan metode identifikasi metode BSC supaya dapat tecapai visi dan misi dalam suatu perusahaan tersebut.
7.      Future Riset
Riset yang dapat ditujukan untuk selanjutnya ialah :
1.       Perusahaan disarankan untuk menerapkan metode Balanced ScoreCard sebagai tolok ukur dalam pengukuran kinerja perusahaan secara menyeluruh dan berkelanjutan agar dapat me-monitoring dengan baik keempat perspektif yang ada.
2.       Hak manajemen perusahaan perlu memberikan perhatian khusus pada penggunaan aset perusahaan agar setiap aset yang dimiliki dapat digunakan seoptimal mungkin.

Komentar

Postingan Populer