Riview Jurnal BSC (Balance Scorecard)
REVIEW JURNAL
Judul : Penerapan Metode
Balanced Scorecard Sebagai Suatu
Sistem Pengukuran Kinerja Pada PT DRITAMA BROKERINDO,Jakarta
Timur
Jurnal
: Binus Business
Review
Volume
dan Halaman : Vol.1 No.1
Tahun
: 2010
Penulis : Hariyadi Sarjono,
dkk.
Reviewer
: Kelompok III
Tanggal
: 5 April 2018
1. Identifikasi Masalah
Masalah yang terdapat dalam
jurnal adalah pengukuran kinerja
PT Dritama Brokerindo yang selama ini diukur secara tradisional, manajemen
tidak memperoleh informasi yang jelas dan terukur tentang aspek-aspek non
finansial perusahaan
2. Pertanyaan yang Spesifik
1. Bagaimana
mengukur kinerja perusahaan PT Dritama Brokerindo secara tradisional, yaitu
hanya mengandalkan dari perspektif keuangan saja?
2. Bagaimana
jika PT Dritama Brokerindo menerapkan metode Balanced scorecard dalam
mengukur kinerja perusahaannya, sebagai pengukuran kinerja alternatif?
3. Rancangan Metode Penelitian
Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif dengan jenis
penelitiannya studi kasus. Teknik analisa data yang digunakan menggunakan
pengolahan data primer seperti studi lapangan, wawancara, kuesioner dan juga
data sekunder dengan pengumpulan data dari perusahaan yang berupa laporan
keuangan tahun 2005 – 2008.
4. Tinjauan Hasil dan Kesimpulan
Pertama, pengukuran
kinerja yang telah dilakukan selama ini oleh PT Dritama Brokerindo, hanya
berdasarkan laporan keuangan yaitu laporan neraca dan laporan laba – rugi
dengan cara perhitungan rasio keuangan dan menganalisis peningkatan atau
penurunan laba bersih yang diperoleh dikaitkan dengan adanya perubahan
pendapatan, biaya-biaya dan transaksi lainnya yang mempengaruhi naik – turunnya
laba bersih yang diperoleh perusahaan. Kedua, untuk mengetahui kinerja PT
Dritama Brokerindo secara keseluruhan, maka digunakan metode Balanced
ScoreCard sebagai alternatif dalam mengukur kinerja perusahaan yang dilihat
dari empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan,
perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan
5. Kontribusi yang diberikan
Penelitian tersebut berguna
untuk pihak manajamen dalam mengetahui sampai sejauh mana perusahaan
yang menjalankan usahanya telah menghasilkan kinerja yang baik bagi para
pemegang saham (perspektif keuangan), pelanggan (perspektif pelanggan),
keefektifan proses operasi (perspektif proses bisnis internal), dan bagi
karyawan (perspektif pembelajaran dan pertumbuhan).
6. Saran
Saran
yang dapat diberikan yaitu dalam menghasilkan kinerja yang baik bagi para
pemegang saham dan pihak manajemen PT
DRITAMA BROKERINDO sebaiknya berfokus pada pengukuran kinerja dalam manajemen
srategi melalui penerapan metode identifikasi metode BSC supaya dapat tecapai
visi dan misi dalam suatu perusahaan tersebut.
7. Future Riset
Riset yang dapat ditujukan untuk selanjutnya ialah :
1. Perusahaan
disarankan untuk menerapkan metode Balanced ScoreCard sebagai tolok ukur
dalam pengukuran kinerja perusahaan secara menyeluruh dan berkelanjutan agar
dapat me-monitoring dengan baik keempat perspektif yang ada.
2. Hak
manajemen perusahaan perlu memberikan perhatian khusus pada penggunaan aset
perusahaan agar setiap aset yang dimiliki dapat digunakan seoptimal mungkin.
Komentar
Posting Komentar